A. Pasar Persaingan Sempurna
Adalah struktur
pasar yang ditandai oleh jumlah pembeli dan penjual yang sangat banyak. Jenis
pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali
dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang
banyak. Contoh produknya adalah seperti beras, gandum, batubara, kentang, dan
lain-lain. Sifat-sifat pasar persaingan sempurna :
- Jumlah penjual dan pembeli banyak
- Barang yang dijual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain
- Penjual bersifat pengambil harga (price taker)
- Harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply)
- Posisi tawar konsumen kuat
- Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
- Sensitif terhadap perubahan harga
- Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar
Cirinya adalah:
- Banyak perusahaan dalam pasar
- Setiap perusahaan sebagai penerima harga (price taker)
- Bebas keluar dan amasuk dalam pasar
- Produknya bersifat homogen/identikal
- Penjual dan pembeli punya informasi mengenai pasar
Perusahaan (produsen) bertujuan memaksimumkan profit:
1. MR = MC, dilihat dari tingkat output
2. MVP = MRP = MFC, dilihat dari penggunaan input
Keuntungan/profit ekonomi adalah selisih antara total
penerimaan dengan total biaya ekonomi (laba/profit di atas normal).
Profit normal adalah biaya oportunitas atau normal
rate of return dari sumber yang dimiliki owner yang dipakai dalam kegiatan
usaha.
Profit (?) = Economic profit = TR – TC
Profit (?) = TR – Explicit Cost – Normal Profit
Perbedaan utama antara pasar persaingan sempurna
dengan pasar lain adalah bentuk kurva permintaannya. Kurva pemintaan pada pasar
persaingan sempurna berbentuk horizontal, karna beberapa output perusahaan,
harga tidak akan berubah. Dalam pasar persaingan sempurna, harga sama dengan
panerimaan rata-rata dan penerimaan marjinal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima Kasih